LKS PKn SEMESTER II
KELAS V
RINGKASAN BAB III
Setiap orang membutuhkan bantuan dan kerja sama dengan orang lain untuk menghasilkan atau mencapai suatu tujuan. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki kekurangan dan keterbatasan kemampuan.
Organisasi pada dasarnya adalah bentuk kerja sama atau perse-kutuan antara dua orang atau lebih dalam rangka mencapai tujuan bersama. Mereka bekerja sama dalam suatu ikatan wadah dan terikat aturan-aturan yang telah ditetapkan.
Organisasi memiliki banyak macam dan ragam tergantung orang-orang yang membentuknya.
Kebebasan berorganisasi dijamin oleh negara. Berorganisasi adalah hak setiap orang atau warga negara untuk berserikat dan atau berkumpul dalam rangka kerja sama.
Manfaat berorganisasi antara lain:
a. Memudahkan menyelesaikan masalah.
b. Memudahkan mencapai tujuan bersama.
c. Saling mengenal dan menghargai antaranggota.
d. Mempererat persahabatan dan persaudaraan.
e. Meringankan beban bersama.
f. Mendapat pengalaman dan keahlian tertentu sesuai dengan organisasi yang diikuti.
g. Memperkuat rasa dan jiwa persatuan.
Contoh organisasi di sekolah antara lain OSIS, gerakan pramu-ka, kegiatan ilmiah remaja, kegiatan seni dan olahraga, paski-bra, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), dan Petugas Keamanan Sekolah (PKS).
Contoh organisasi di masyarakat antara lain karang taruna, PKK, organisasi keagamaan, dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).
Sebagai siswa kalian perlu ikut atau berperan serta dalam organisasi di sekolah. Hal ini akan bermafaat untuk masa kini dan masa depan kalian.
tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d!
1. Kerja sama antarorang dalam mencapai tujuan disebut . . . .
a. organisasi
b. perkumpulan
c. lembaga
d. kelompok
2. Jaminan kebebasan warga negara dalam berorganisasi tercantum dalam . . .
a. pasal 27 UUD 1945
b. pasal 28 UUD 1945
c. pasal 29 UUD 1945
d. pasal 30 UUD 1945
3. Di bawah ini merupakan manfaat berorganisasi, kecuali . . . .
a. memperkuat jiwa dan rasa persatuan
b. meringankan beban bersama
c. memudahkan penyelesaian masalah
d. sulit mencapai tujuan bersama
4. Nilai-nilai yang dapat dikembangkan dalam kegiatan OSIS adalah . . . .
a. otoriter
b. demokrasi
c. individu
d. kemandirian
5. Bagi pelajar, antara belajar dengan berorganisasi adalah . . . .
a. sama-sama penting
b. organisasi lebih penting dari belajar
c. organisasi amat mendukung belajar
d. harus seimbang
6. Pramuka menanamkan nilai-nilai sebagai berikut, kecuali . . . .
a. cinta tanah air
b. kemanusiaan
c. kerja sama
d. persaingan
7. Nilai kedisiplinan sangat menonjol dalam kegiatan . . . .
a. bola voli
b. paskibra
c. pentas seni
d. UKS
8. Berikut ini termasuk kegiatan keolahragaan di sekolah . . . .
a. pencak silat
b. kolintang
c. angklung
d. teater
9. Organisasi yang diikuti para kaum muda di kampung, biasa disebut . . . .
a. organisasi kepemudaan
b. karang taruna
c. wira muda
d. kawula muda
10. Manfaat ikut Kegiatan Ilmiah Remaja (KIR) di sekolah adalah . . . .
a. menanamkan kedisplinan
b. membentuk keahlian
c. mengasah pengetahuan
d. meningkatkan kebersamaan
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat
dan benar!
1. Berikan contoh organisasi yang ada di sekolah kalian!
2. Apa manfaat ikut kegiatan pramuka?
3. Apa manfaat mengikuti upacara bendera?
4. Berikan contoh kegiatan lomba yang pernah diikuti oleh sekolah kalian!
5. Berikan contoh organisasi masyarakat yang ada di wilayah ka-lian!
6. Mengapa kita perlu ikut dalam organisasi?
7. Hal-hal apa yang perlu diperhatikan dalam ikut berorganisasi?
8. Sebutkan kegiatan-kegiatan apa saja yang dapat dilakukan oleh Petugas Keamanan Sekolah (PKS)! 9. Manfaat apa yang dapat kalian petik setelah ikut organisasi di sekolah?
10. Berikan contoh organisasi yang ada di lingkungan negara!
RINGKASAN BAB IV
1. Keputusan bersama merupakan hasil kesepakatan bersama, konsensus bersama.
2. Keputusan bersama dapat kita temukan di berbagai lingkungan seperti keluarga, sekolah, masyarakat, dan pemerintahan.
3. Untuk mengambil keputusan dapat dilakukan melalui cara yang demokratis dan cara voting.
4. Pengambilan keputusan dengan cara demokratis melalui musyawarah dan melalui pemungutan
suara.
5. Keputusan bersama baik melalui musyawarah maupun pemungutan suara harus kita patuhi dan
laksanakan.
A. Pilihlah satu jawaban yang benar dengan cara memberi tanda
silang (X) pada huruf a, b, c atau d!
1. Apabila dalam musyawarah semua pendapat baik maka dipilih yang . . . .
a. sangat diperlukan
b. sangat disukai
c. tanpa biaya
d. suara terbanyak
2. Peraturan di dalam masyarakat dibuat untuk . . . .
a. membatasi perbuatan baik
b. mencari keuntungan
c. menertibkan hidup bersama
d. mengganggu kepentingan bersama
3. Musyawarah harus diliputi semangat . . . .
a. ketenangan
b. kekeluargaan
c. kepuasan
d. kesepakatan
4. Memaksakan keinginan adalah perbuatan yang . . . .
a. kurang terpuji
b. menyenangkan
c. terpuji
d. perlu dihargai
5. Dalam musyawarah yang boleh mengajukan usul adalah . . . .
a. semua peserta
b. ketua rapat
c. bapak guru
d. kepala sekolah
6. Di bawah ini contoh keputusan bersama di sekolah, kecuali . . . .
a. keputusan bersama mengenai uang gedung sekolah
b. keputusan bersama mengenai tugas kebersihan kelas
c. keputusan bersama mengenai kepengurusan kelas
d. keputusan bersama mengenai kerja bakti kampung
7. Pengambilan keputusan yang baik adalah dilakukan dengan cara . . . .
a. pemaksaan
b. demokrasi
c. penekanan
d. demonstrasi
8. Pengambilan keputusan secara tidak demokratis bertentangan dengan sila dalam Pancasila,
terutama sila . . . .
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
9. Mengemukakan pendapat merupakan hak setiap orang. Hal ini dijamin dalam pasal . . . UUD
1945.
a. 27
b. 28
c. 29
d. 30
10. Apabila dalam musyawarah tidak bisa mancapai kata mufakat dan waktu sudah mendesak maka
pengambilan keputusan dilakukan dengan cara . . . .
a. pengambilan suara terbanyak
b. musyawarah dihentikan
c. musyawarah dibatalkan
d. musyawarah ditunda
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat
dan benar!
1. Berikan dua contoh keputusan bersama yang dihasilkan di sekolah!
2. Bilamana putusan dengan suara terbanyak diambil dalam suatu rapat?
3. Mengapa kita harus menghindari pengambilan putusan dengan cara-cara kekerasan?
4. Mengapa kita harus taat pada suatu keputusan bersama?
5. Perilaku apa yang harus kita jauhi agar musyawarah yang kita lakukan menghasilkan kesepakatan
yang baik?
6. Apa yang dimaksud dengan pengambilan keputusan secara demokratis?
7. Sebutkan prinsip-prinsip yang terkandung dalam proses musyawarah untuk mufakat!
8. Pernahkah kalian melakukan pengambilan suara dengan cara demokratis?
9. Sebutkan norma-norma luhur yang terdapat pada sila ke empat Pancasila!
10. Berilah dua contoh pemungutan suara dalam kehidupan negara!
No comments:
Post a Comment
Silakan meninggalkan komentarnya dengan sopan dan baik!
Tidak boleh "SPAM"!