a. Judul (maksimal 12 kata)
b. Nama Penulis
c. Abstrak (75-100 kata)
d. Kata Kunci ( 3-5 kata)
e. Pendahuluan (15-20 %)
f. Metode (10-15%)
g. Hasil dan Pembahasan (40-60%)
h. Kesimpulan dan Saran
i. Daftar Rujukan
JUDUL:
1. Spesifik dan efektif
2. Jelas
3. Tidak terlalu panjang tidak terlalu pendek (maksimal 12 kata)
4. Memuat gambaran masalah yang diteliti
Judul singkat dan spesifik tetapi cukup jelas menggambarkan masalah:
1. Apa yang akan diteliti/ ditingkatkan
2. Tindakan/cara/strategi apa yang digunakan untuk meningkatkan
MERUMUSKAN JUDUL
Apa akan diteliti/ ditingkatkan?
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Apa tindakan/cara/strategi apa yang digunakan untuk meningkatkan?
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
|
RUMUSKAN JUDUL ARTIKEL ANDA
.................................................... |
JUDUL PENELITIAN
Judul singkat dan spesifik tetapi cukup jelas menggambarkan masalah:apa akan diteliti/ ditingkatkan
tindakan/cara/strategi apa yang digunakan untuk meningkatkan
Contoh judul Artikel:
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP OPERASI HITUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GOLAN 01 MADIUN
|
COBA TULIS JUDUL ANDA
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
|
NAMA PENULIS:
Ditulis di bawah judul artikel
1. Tanpa disertai gelar akademik atau lainnya
2. Tanpa foto
3. Alamat lembaga
4. Alamat email
CONTOH NAMA PENULIS:
Mudjiantoro
SDN Golan o1 Madiun
e-mail: sdgolan01.@mail.com
|
TULIS NAMA ANDA
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
|
MENULIS ABSTRAK:
1. Dituangkan secara padat dalam satu paragraf, dengan spasi tunggal
2. Panjang abstrak sekitar 75-100 kata
3. Format lebih sempit dari teks utama
4. Memuat masalah dan tujuan penelitian, metode penelitian, serta hasil penelitian
5. Artikel berbahasa Indonesia sebaiknya diberi abstrak bahasa Inggris
6. Ukuran font berbeda dengan teks utama
CONTOH ABSTRAK
Memuat masalah, :
Lebih dari 40% peserta didik kelas IV mendapatkan nilai di bawah KKM yang ditentukan pada materi operasi hitung ( tahun pelajaran sebelumnya), peserta didik kurang bisa memfokuskan perhatiannya terhadap materi yang disampaikan oleh guru
Memuat tujuan,
Untuk mendeskripsikan penerapan pelaksanaan model PBM, hasil belajar peserta didik
Memuat Metode Penelitian:
Pendekatan Deskriptif Kualitatif, Jenis penelitian PTK model Kemmis dan Taggart.
Hasil Penelitian :
Melalui model PBM meningkat sesuai dengan kriteria yang diinginkan
|
TULIS ABSTRAK ANDA
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
|
KATA KUNCI:
1. Menggambarkan masalah penelitian
2. Tercermin pada tindakan yang diteliti
3. Terdiri atas 3 – 5 kata
4. Diperlukan untuk sistem informasi
5. Komputerisasi --Ã memudahkan pelacakan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP OPERASI HITUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Kata kunci memuat masalah dan tindakan, terdiri dari 3-5 kata:
CONTOH kata kunci:
1. Hasil belajar
2. konsep operasi hitung
3. model pembelajaran berbasis masalah
|
TULIS KATA KUNCI ANDA
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
|
PENDAHULUAN (15- 20 % ):
1. Berisi latar belakang masalah, landasan teori, atau segi-segi lainnya, pada akhir deskripsi bisa diberikan tujuan dan manfaat penelitian
2. Dilakukan secara naratif, tanpa pemisahan subbagian
CONTOH PENDAHULUAN
Apa Latar belakang masalah?
Hasil observasi pada siswa kelas IV bahwa dari 30 peserta didik sebanyak 12 (40%) peserta didik nilai mata pelajaran matematika khususnya konsep operasi hitung di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
2. Apa Landasan teori ?
Definisi Materi Operasi hitung, Definisi model PBM, , hubungan antara peningkatan hasil belajar konsep operasi hitung dengan model PBM?
3. Apa tujuan penelitian ?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pelaksanaan model PBM, hasil belajar peserta didik.
Apa manfaat penelitian?
a. Bagi peserta didik: meningkatkan kemampuan
b. Bagi peneliti, menambah wawasan dan masukan
c. Bagi guru: menambah wawasan
Bagi sekolah/kepala sekolah: sebagai refensi/ acuan dalam mengambil kebijakan
|
TULIS POKOK-POKOK PENDAHULUAN ANDA
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
|
METODE ( 10 – 15%):
1. Pendekatan / jenis penelitian
2. Rancangan penelitian
3. Lokasi penelitian
4. Subyek penelitian
5. Teknik pengumpulan data
6. Instrumen penelitian
7. Teknik analisis data
HASIL DAN PEMBAHASAN ( 40 – 60%)
A. HASIL
1. Hasil analisis data dalam bentuk hasil bersih
2. Proses perhitungan statistik tidak perlu disajikan
3. Tabel dan gambar boleh disajikan sebagai pelengkap
CONTOH HASIL
HASIL: Pada pembelajaran siklus I pertemuan 1 ini menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah aktivitas guru 66,7%, dari aktivitas speserta didik 67%. Hasil belajar siswa 40%. Sedangkan yang masih belum tuntas 60%. Pada siklus II pertemuan 2 aktivitas guru persentase 94,5%, aktivitas belajar peserta didik ada 87%, Hasil belajar peserta didik nilai 80%.
|
RUMUSKAN HASIL
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
.... ...............................................
|
B. PEMBAHASAN
1. Menjawab masalah-masalah penelitian
2. Menginterpretasi temuan dikaitkan dengan pengetahuan yang ada
3. Mengkomfirmasi dengan teori
4. Mengaitkan dengan temuan-temuan lain
5. 5 . Menyusun teori, memodifikasi teori, menguatkan teori, atau mengembangkan teori yang ada
PEMBAHASAN
Dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajarn berbasis masalah tiap siklus ada peningkatan, baik pada aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar , Peningkatan hasil belajar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini nampak pada antusias peserta didik dan pemusatan perhatian peserta didik dalam pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal, nampak pada kesesuaian model pembelajaran yang dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini sesuai dengan mendapat Sudjana (2001:30) bahwa hasil belajar pesera didik dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal dapat berupa motivasi, konsentrasi dan reaksi. Sedangkan faktor eksternal dapat berupa lingkungan sekolah yang mendukung.
|
RUMUSKAN PEMBAHASAN:
...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
.... ...............................................
|
KESIMPULAN DAN SARAN:
1. Menyajikan kesimpulan (temuan/ringkasan) hasil penelitian
2. Menyajikan saran-saran berbasis kesimpulan/ temuan penelitian
CONTOH
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN: Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar konsep operasi hitung pada peserta didik kelas IV SDN Golan 01 Madiun.
SARAN: Peneliti lain hendaknya menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah tetapi dengan materi yang lain dan juga dapat dikembangkan pada mata pelajaran yang lain, peserta didik hendaknya dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat menambah pengalaman belajar dan hasil belajarpeserta didik dapat meningkat lebih baik dari hasil belajar yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, guru hendaknya kreatif dalam inovasi pembelajaran yang menunjang mutu pendidikan. |
RUMUSKAN KESIMPULAN DAN SARAN:
KESIMPULAN:
..............................................
..............................................
..............................................
..............................................
...............................................
SARAN:
..............................................
..............................................
..............................................
..............................................
|
DAFTAR RUJUKAN:
1. Hanya memuat yang dirujuk
2. Semua yang dirujuk harus adadalam daftar rujukan, dan yang tidak dirujuk harus tidak ada dalam daftar rujukan
3. Sebaiknya sumber primer
4. Sebaiknya up to date (10 tahun terakhir)
5 Teknik penulisan rujukan harus benar
CONTOH DAFTAR RUJUKAN
Annurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Konstektual. Bandung: Refika Aditama
|
RUMUSKAN DAFTAR RUJUKAN:
..............................................
..............................................
..............................................
..............................................
...............................................
|
Sumber: WORKSHOP PENYUSUNAN KARYA TULIS
Oleh
PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN
Jl. Gentengkali No. 33. Telp (031) 5342706, 5342709, 5344508, 5345075
Fax: 5465413, 5347607, Kode Pos 60275 SURABAYA
April 2013
No comments:
Post a Comment
Silakan meninggalkan komentarnya dengan sopan dan baik!
Tidak boleh "SPAM"!