Artikel - SDN GOLAN 01

SDN GOLAN 01

Informasi Sekolah Dasar

  • TETAP
  • PATUHI
  • "PROTOKOL"
  • "KESEHATAN"

Hot

Post Top Ad

Your Ad Spot

Thursday, 23 February 2017

Artikel

Kegiatan 1:




KARYA TULIS ILMIAH


KERANGKA  ARTIKEL HASIL PENELITIAN
a. Judul (maksimal 12 kata)
b. Nama Penulis
c. Abstrak  (75-100 kata)
d. Kata Kunci ( 3-5 kata)
e. Pendahuluan (15-20 %)
f. Metode (10-15%)
g. Hasil  dan  Pembahasan (40-60%)
h. Kesimpulan dan Saran
i.  Daftar Rujukan
 
JUDUL:
1.   Spesifik dan efektif
2.   Jelas
3.   Tidak terlalu panjang tidak terlalu pendek (maksimal 12 kata)
4.   Memuat gambaran masalah yang diteliti

Judul singkat dan spesifik tetapi cukup jelas menggambarkan masalah:
1.     Apa yang akan diteliti/ ditingkatkan
2.     Tindakan/cara/strategi apa yang digunakan untuk meningkatkan


MERUMUSKAN JUDUL

Apa akan diteliti/ ditingkatkan?

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Apa tindakan/cara/strategi apa yang digunakan untuk meningkatkan?

MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
RUMUSKAN JUDUL ARTIKEL ANDA


....................................................
 
JUDUL PENELITIAN

      Judul singkat dan spesifik tetapi cukup jelas menggambarkan  masalah:apa akan diteliti/ ditingkatkan
tindakan/cara/strategi apa yang digunakan untuk meningkatkan

Contoh judul Artikel:

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP OPERASI HITUNG  MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GOLAN 01 MADIUN
COBA TULIS JUDUL ANDA

...................................................
...................................................
...................................................
...................................................

NAMA PENULIS:

         Ditulis di bawah judul artikel
1.    Tanpa disertai gelar akademik atau lainnya
2.    Tanpa foto
3.    Alamat lembaga
4.    Alamat email        
        
        
CONTOH NAMA PENULIS:

Mudjiantoro
SDN Golan o1 Madiun
e-mail: sdgolan01.@mail.com
TULIS NAMA ANDA

...................................................
...................................................
...................................................
...................................................

MENULIS ABSTRAK:

1.         Dituangkan secara padat dalam satu paragraf, dengan spasi tunggal
2.         Panjang abstrak sekitar 75-100 kata
3.         Format lebih sempit dari teks utama
4.         Memuat masalah dan tujuan penelitian, metode penelitian, serta hasil penelitian
5.         Artikel berbahasa Indonesia sebaiknya diberi abstrak bahasa Inggris
6.         Ukuran font berbeda dengan teks utama

CONTOH ABSTRAK

Memuat masalah,  :
Lebih dari 40% peserta didik kelas IV mendapatkan nilai di bawah KKM yang ditentukan pada materi operasi hitung  ( tahun pelajaran sebelumnya),  peserta didik kurang bisa memfokuskan perhatiannya terhadap materi yang disampaikan oleh guru

Memuat tujuan,
Untuk mendeskripsikan penerapan pelaksanaan model PBM, hasil belajar peserta didik

Memuat Metode Penelitian:
Pendekatan Deskriptif Kualitatif, Jenis penelitian PTK model  Kemmis dan Taggart.

Hasil Penelitian :
Melalui  model PBM  meningkat sesuai dengan kriteria  yang diinginkan

TULIS ABSTRAK ANDA

...................................................
...................................................
...................................................
...................................................


...................................................
...................................................
...................................................

...................................................
...................................................
...................................................

...................................................
...................................................
...................................................


KATA KUNCI:

1.         Menggambarkan masalah penelitian
2.         Tercermin pada tindakan yang diteliti
3.         Terdiri atas 3 – 5 kata
4.          Diperlukan untuk sistem informasi
5.          Komputerisasi --à memudahkan pelacakan

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP OPERASI HITUNG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Kata kunci memuat masalah dan tindakan, terdiri dari 3-5 kata:
CONTOH kata kunci:
   1. Hasil belajar
   2. konsep operasi  hitung
   3. model pembelajaran berbasis masalah
      
TULIS KATA KUNCI ANDA


...................................................
...................................................

...................................................
...................................................

...................................................
...................................................

...................................................
...................................................


PENDAHULUAN  (15- 20 % ):

1.    Berisi latar belakang masalah, landasan teori, atau segi-segi lainnya, pada akhir deskripsi bisa diberikan tujuan dan manfaat penelitian
2.    Dilakukan secara naratif, tanpa pemisahan subbagian

CONTOH PENDAHULUAN

Apa Latar belakang masalah?
Hasil observasi pada siswa kelas IV bahwa dari 30 peserta didik sebanyak 12 (40%) peserta didik nilai mata pelajaran matematika khususnya konsep operasi hitung di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
       2.        Apa Landasan teori ?
Definisi Materi Operasi hitung, Definisi model PBM, , hubungan antara peningkatan hasil belajar konsep operasi hitung dengan model  PBM?
       3.       Apa tujuan penelitian ?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pelaksanaan model PBM, hasil belajar peserta didik.      
Apa manfaat penelitian?
        a.        Bagi peserta didik: meningkatkan kemampuan
        b.       Bagi peneliti, menambah wawasan dan masukan
        c.        Bagi guru: menambah wawasan
Bagi sekolah/kepala sekolah: sebagai refensi/ acuan dalam mengambil kebijakan

TULIS POKOK-POKOK PENDAHULUAN ANDA
...................................................
...................................................



...................................................
...................................................


...................................................
...................................................


...................................................
...................................................


METODE ( 10 – 15%):
1.        Pendekatan / jenis penelitian
2.        Rancangan penelitian
3.        Lokasi penelitian
4.        Subyek penelitian
5.        Teknik pengumpulan data
6.        Instrumen penelitian
7.     Teknik analisis data

CONTOH METODE

  1. Pendekatan / jenis penelitian: Deskriptif kualitatif/ PTK model Kemmis and Taggart
  2. Rancangan penelitian:(1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi (pengamatan), (4) Refleksi
  3. Lokasi :  SDN Kenayan 01 Tulungagung
  4. Subyek penelitian : kelas VI  SDN Kenayan 01 Tulungagung 
  5. Teknik pengumpulan data: Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi,observasi,   dan tes
  1. Instrumen penelitian: lembar observasi model Pembelajaran  untuk Guru dan peserta didik, kuesioner terbuka, dan catatan guru/jurnal mengajar.
  2. Teknik analisis data: mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan

TULIS  METODE

...................................................
...................................................

...................................................
...................................................

...................................................

...................................................




...................................................




...................................................


HASIL DAN PEMBAHASAN ( 40 – 60%)

A.       HASIL
        1.        Hasil analisis data dalam bentuk hasil bersih
        2.        Proses perhitungan statistik tidak perlu disajikan
        3.        Tabel dan gambar boleh disajikan sebagai pelengkap

CONTOH HASIL
HASIL: Pada pembelajaran siklus I pertemuan 1 ini menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah aktivitas guru  66,7%, dari aktivitas speserta didik 67%.  Hasil belajar siswa   40%. Sedangkan yang masih belum tuntas  60%. Pada siklus II pertemuan 2  aktivitas guru persentase  94,5%, aktivitas belajar peserta didik  ada 87%,  Hasil belajar peserta didik nilai 80%.
RUMUSKAN HASIL

...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
.... ...............................................




B.  PEMBAHASAN
1.         Menjawab masalah-masalah penelitian
2.         Menginterpretasi temuan dikaitkan dengan pengetahuan yang ada
3.         Mengkomfirmasi dengan teori
4.         Mengaitkan dengan temuan-temuan lain
5.                  5 .     Menyusun teori, memodifikasi teori, menguatkan teori, atau mengembangkan teori yang ada

PEMBAHASAN
Dari hasil penelitian yang menunjukan bahwa  pembelajaran  menggunakan model pembelajarn berbasis masalah tiap siklus ada peningkatan, baik pada aktivitas guru, aktivitas peserta didik, dan hasil belajar , Peningkatan hasil belajar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal ini nampak pada antusias peserta didik dan pemusatan perhatian peserta didik dalam pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal, nampak pada kesesuaian model pembelajaran yang dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini sesuai dengan mendapat Sudjana (2001:30) bahwa hasil belajar pesera didik dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal dapat berupa motivasi, konsentrasi dan reaksi. Sedangkan faktor eksternal dapat berupa lingkungan sekolah yang mendukung.
RUMUSKAN PEMBAHASAN:

...................................................
...................................................
...................................................
...................................................
.... ...............................................




KESIMPULAN DAN SARAN:

  1.     Menyajikan kesimpulan (temuan/ringkasan) hasil penelitian
  2.     Menyajikan saran-saran berbasis kesimpulan/ temuan penelitian


CONTOH
KESIMPULAN DAN SARAN
KESIMPULAN:   Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar konsep operasi hitung  pada peserta didik kelas IV SDN Golan 01 Madiun.
SARAN:  Peneliti lain hendaknya menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah tetapi dengan materi yang lain dan juga dapat dikembangkan pada mata pelajaran yang lain, peserta didik hendaknya dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat menambah pengalaman belajar dan hasil belajarpeserta didik dapat meningkat lebih baik dari hasil belajar yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, guru hendaknya kreatif dalam inovasi pembelajaran yang menunjang mutu pendidikan.

RUMUSKAN KESIMPULAN DAN SARAN:

KESIMPULAN:
..............................................
..............................................
..............................................
..............................................
...............................................
SARAN:
..............................................
..............................................
..............................................
..............................................

 




DAFTAR RUJUKAN:

1.      Hanya memuat yang dirujuk
2.      Semua yang dirujuk harus adadalam daftar rujukan, dan yang tidak dirujuk harus tidak ada dalam daftar rujukan
3.      Sebaiknya sumber primer
4.      Sebaiknya up to date (10 tahun terakhir)
5     Teknik penulisan rujukan harus benar
CONTOH DAFTAR RUJUKAN

Annurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

            Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Konstektual. Bandung: Refika Aditama

Massofa. 2000. Pendekatan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, (Online), (http://sainsmatika.blogspot.com/2012/04/model-pembelajaran-berbasis.html), Diakses  22 September 2012
RUMUSKAN DAFTAR RUJUKAN:

..............................................
..............................................
..............................................
..............................................
...............................................

Sumber:                                                   WORKSHOP PENYUSUNAN KARYA TULIS
Oleh
PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN
Jl. Gentengkali No. 33. Telp (031) 5342706, 5342709, 5344508, 5345075
Fax: 5465413, 5347607, Kode Pos 60275 SURABAYA
                                                                               April 2013

No comments:

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentarnya dengan sopan dan baik!
Tidak boleh "SPAM"!

Post Top Ad

Your Ad Spot